Komitmen Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan , Rumah Sakit Dadi Melaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu & Keselamatan Pasien.

RSKD Dadi Prov.Sulsel - Selasa,  Tanggal 16 Januari Tahun 2024 Dalam rangka mengkomunikasikan hasil program kerja Komite Mutu RS, maka telah terlaksana “Rapat Koordinasi Capaian Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien”,  yang terselenggara di Ruang Pertemuan Stroke Center, dihadiri oleh Dewan Pengawas RSKD Dadi, Direksi, Pimpinan RS, Ketua Komite Mutu, para Ketua Komite, Vendor dan Staf Unit/ Instalasi layanan di Rumah Sakit.

Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen RS untuk menjadikan Peningkatan Mutu & Keselamatan Pasien (PMKP) sebagai budaya organisasi dalam upaya mewujudkan pelayanan yang berkualitas, aman, terstandar, manusiawi, serta memenuhi harapan seluruh pelanggan. Rapat Koordinasi dibuka oleh Wadir Pelayanan Medik, dr. Siti Djawijah, M.Kes dengan mengajak semua audien untuk Yel-Yel Bersama. Acara Inti terdiri dari 2 sesi yaitu pada sesi Pertama berupa Laporan Pertanggungjawaban Program PMKP RS oleh Ketua Komite Mutu, drg.Rina Riaynti, M.Tr,Adm.Kes, dan dilanjutkan Sesi Kedua, Pemilihan Indikator Mutu Prioritas RS tahun 2024 yang dipaparkan oleh Koordinator Sub Komite Peningkatan Mutu RS, dr. Wahyu EP, Sp.KJ

Dalam sambutannya Wakil direktur  MARS Pelayanan Medik, menekankan pentingnya kolaborasi antar unit/ Instalasi dalam memaksimalkan pelayanan, dimana RSKD Dadi tidak hanya melayani Pasien Khusus Jiwa namun juga Pelayanan Umum/ Non-Jiwa. Tentunya tanggung jawab tersebut berat tapi dengan kolaborasi dari semua pihak mampu mengoptimalkan pelayanan di RSKD Dadi.

Dewan Pengawas yang diwakili oleh Sakura, MSi, mengapresiasi pelaksanaan pertemuan ini, beliau berpesan untuk selalu menjaga komitmen dan keberlangsungan program pelayanan.

Dalam laporan pertanggungjawaban Komite Mutu, disampaikan capaian 13 Indikator Nasional Mutu (INM) RSKD Dadi tahun 2023 sebagai berikut ;

  1. Kepatuhan Kebersiahan Tangan, target sebesar > 85%, capaian tahun 2023 sebesar 72,1%
  2. Kepatuhan Penggunaan APD, target 100%, capaian sebesar 68,7%
  3. Kepatuhan Identifikasi PAsein, target 100%, capaian sebesar 100%
  4. Waktu Tunggu Operasi Sekcio Sesarea  Emergency, Target >80%, capaian 100%
  5. Waktu Tunggu Rawat Jalan, target > 80%, capaian 65,4%
  6. Penundaan Operasi ELektif , target < 5%, capaian 1,3%
  7. Ketetapan Waktu, visite dokter, Target >80%, capaian 100%
  8. Pelalporan Hasil Kritis laboratorium, Target 100%, capaian 100%
  9. Kepatuhan Pengguna Formularium Nasional, Target >80% , capaian 88,8%
  10. Kepatuhan terdahap Alur Klinis atau Clinical Pathway, yang belum terlaksana pada tahun 2023.
  11. Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh, Target 100%, capaian 97,3%
  12. Ketepatan Waktu Tanggap Komplain, Target >80%, capaian 100%
  13. Kepuasan Pasien, Target >76,61%, capaian 80,5%

Dari capaian diatas terlihat masih ada 4 indikator yang belum mencapai target yaitu Kepatuhan Kebersihan Tangan, Kepatuhan Penggunaan APD, Waktu Tunggu Rawat Jalan,  Kepatuhan Terdahap Alur Klinis Atau Clinical Pathway, dan Kepatuhan Upaya Pencegahan Resiko Pasien Jatuh. Indikator-indikator yang belum memenuhi target tersebut ditindaklanjuti sesuai dengan hasil rekomendasi dari masing-masing unit terkait dan masukan dari Direksi / Pihak Manajemen RS

Ditambahkan dalam paparan Capaian Program PMKP RS, bahwa tingkat kepatuhan unit dalam pelaporan capaian mutu per bulan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Terdapat peningkatan maturitas Budaya Keselamatan Pasien dan Penerapan Manajemen Risiko di RS sebagaimana yang disampaikan pada saat Exit Meeting Audit BPKP pada akhir tahun 2023.

Rapat ditutup dengan hasil Pemilihan 11 Indikator Mutu Prioritas RS tahun 2024  berdasar pada beberapa kriteria, diantaranya High Volume, High Risk, Righ Cost, Problem Prone, dan yang terkait pada penerapan Enam Sasaran Keselamatan Pasien (SKP).

Diharapkan hasil pertemuan ini dapat memberikan daya ungkit bagi semua staf dan pihak terkait untuk dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan. Dan untuk kelangsungan program PMKP RS, sangat dibutuhkan dukungan teknologi dan sumber daya yang adekuat serta menyediakan pendidikan staf agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

#RSKDDADI #SELALUCARE